Minggu, 09 Oktober 2011

Irama Pasir Berbisik "Sahara Van Java"

Salam Landscape...
Kali ini menyajikan panorama yang terkesan tandus namun menyejukkan pelupuk mata. Gumuk pasir...ya, lautan pasir membentang kiloan meter bak gurun sahara yang biasa terdapat di negara timur tengah. Bagaikan torehan seni oleh alam, ketika memasuki kawasan gumuk pasir ini akan terlihat medan pasir dengan ukiran dan gundukan-gundukan pasir dengan berbagai bentuk dan ukuran. Dapat kita jumpai area berpasir ini disepanjang pantai selatan Yogyakarta, tepatnya dibentangan pantai Depok sampai Parang tritis. Perlu diketahui bahwa kawasan gumuk pasir ini juga sering digunakan untuk latihan manasik haji oleh para calon haji, hal ini dikarenakan iklim dan kontur wilayahnya yang menyerupai kawasan negara timur tengah. Memang indah hasil lukisan alam-Mu Tuhan... Berikut beberapa panorama yang sempat kuabadikan sore itu sembari menunggu sunset. Langsung saja kita simak...Cekidot

"Gumuk Pasir"
Dalam bebera bidikan yang sempat terekam dalam kamera Nikon D300s dan lensa Tokina 12-24mm f/4 Pro DX II beserta filter CPL dan Gradual ND yang selalu setia menemani disetiap perjalananku.

"Hijau di Padang Pasir"
Tumbuhan khas padang pasir. Tempat yang notabennya menyajikan suhu yang relatif panas namun masih bisa dihiasi tumbuhan yang menghijau. Berkat filter CPL dan GND sehingga mampu menyajikan efek yang lebih dramatis secara visual. Tak menyangka kalo tempat ini hanya dikawasan gumuk pasir...hehe. Bak berasa digurun Sahara...

"Kokoh Berdiri"
Indahnya langit dan awan sore itu bak menyajikan lahah pertanian sehabis dibajak, lihatlah pergerakan awan berarak siap menuju peraduan malam...

"Flora Padang Pasir"
Satu lagi tumbuhan khas padang pasir yang menampakkan kekokohannya ditengah terik dan panasnya bentangan pasir.

"Burning with My Fire"
Langit yang indah bak api yang mau membakar belahan bumi. Memang selalu menyajikan keindahan tersendiri setiap pergerakan awan diorbit lintasan bumi ini.

"Jingga di Ufuk Barat"
Siang temaram berganti malam pekat menyapa. Warna jingga mentari mengiringi sang pelita hari kembali keperaduannya. 

"Gurun & Tumbuhan"
Malam menyapa setelah matahari menerangi bumi sebagai pelita di siang hari. Tampak beberapa tumbuhan khas padang pasir tetap tumbuh kokoh.

"Garis Irama Pasir"
Alur pasir yang diakibatkan hembusan angin menampakkan lukisan indah ditandusnya gurun berpasir ini. Bagi pecinta landscape photography relalah sejenak sedikit tiduran di pasir ini demi satu kata sebuah "angle".

"Gelombang Irama Pasir"
Satu lagi alur gelombang pasir bak gelombang ombak dibibir pantai. Pandai-pandailah mengambil sudut bidik dan angle serta selalu memperhatikan garis horizon agar gambar selalu terkesan indah.

"Pasir Berbisik"
Masih dengian guratan pasir yang sesekali terdengar bak pasir berbisik tatkala angin menerbangkan butiran-butiran pasir. Angin inilah yang melukiskan garis-garis pasir sehingga tercipta bak lukisan alam nun indah.

"Siluet & Awan Berarak"
Dalam balutan black & white memang selalu menyajikan panorama yang lebih dramatis, terlebih didukung dengan awan yang berarak menggumpal.

"Sky"
Kembali balutan hitam-putih yang terlihat noise namun memberikan kesan yang mendalam dan lebih mendramatisir suasana. Noise memang terkadang mengurangi keindahan dan estetika dalam suatu foto, namun hal ini tak selamanya berlaku, karena terkadang noise malah memperkuat karakter suatu foto. Love noisy...

"Kosong"
Dalam balutan B-W dapat menyajikan hamparan padang pasir semakin terlihat luas dan tandus. Memang selalu menyajikan karakter tersendiri setiap foto "black & white".

"Deru Pasir"
Guratan gelombang pasir bak gelombang air ditengah laut. Terkesan dangkal dan tenang namun menghanyutkan...hehe

"Lukisan Awan"
Siluet kehidupan, menggambarkan bahwa dipadang pasir yang konon terkenal panas dan menyengsarakan masih menyimpan kehidupan bagi makhluk dan ekosistem yang mendiami.

Demikian beberapa sajian foto yang sempat terekam dan kuabadikan. Semoga dapat menginspirasi buat teman-teman lain pecinta "landscape photography", bahwa foto yang indah tak selamanya berasal dari tempat-tempat yang indah, namun tempat yang biasa-biasa saja bisa kita buat menjadi luar biasa. Let's try... Maju terus fotografi Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar