Jumat, 11 November 2011

Elo River "Rafting"

Salam ADVENTURE...!!!
Kali ini mencoba menyajikan review tentang wisata adventure yang sarat akan nyali dan adrenalin yang cukup tinggi. Ya, olahraga yang termasuk exteem ini termasuk dalam olah raga arus deras yang orang sering menyebutnya dengan arung jeram (rafting). Kegiatan ini kami lakukan sekitar awal tahun 2010 yang lalu di Sungai Elo, yang notabennya sungai yang paling sering digunakan bagi para Rafter pemula seperti saya. Bagaimana review dan ulasannya lebih lanjut? Langsung saja kita simak liputannya. Enjoy the Show...


"Jeram"
Selamat datang di penjelajahan wisata adventure yang sarat akan adrenalin yang tinggi. Selamat datang di Sungai Elo... Petualangan Arung Jeram atau Rafting ini saya lakukan bersama teman-teman dari Pecinta Alam Teknik Kimia (PALATEKA) pada tanggal 7 Maret 2010 lalu. Berangkat dari Jogja menuju Desa didekat Sungai Elo yang berada di Daerah Magelang, Jawa Tengah hari Sabtu pukul 20:00 WIB. Kami putuskan untuk menginap di rumah pemilik agen paket adventure arung jeram hingga menanti matahari muncul di pagi hari, tanda hari sudah berganti.
Sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang dekat dengan obyek wisata Internasional Candi Borobudur, kira kira 45 menit dari Yogyakarta. Sungai ini mempunyai jeram grade II - III yang cukup menantang, jarak tempuh sungai sekitar 12 Km dengan lama pengarungan sekitar 3 jam
. Sangat cocok bagi seorang pemula yang belum pernah ber-arung jeram seperti saya, karena tingkat bahayanya tergolong rendah. Starting point pemberangkatan terletak di kampung Pare Bawah, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang dan berakhir di Desa Mendut.

"All About Team"
Di dekat lokasi banyak terdapat agen-agen yang menawarkan jasa wisata adventure yang dapat membantu anda selama liburan anda berlangsung. Berbagai macam paket Arung jeram (Rafting) ditawarkan oleh para agen perusahaan ini. Biasanya paket yang ditawarkan berdasarkan jumlah anggota yang ingin melakukan Rafting. Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan keinginan Anda tentunya. Peralatan dan safety yang mereka gunakan juga berstandar nasional Indonesia (SNI), mulai dari pelampung dan helm pengaman, jadi keamanan anda akan terjamin, ditambah lagi anda akan di dampingi seorang River Guide yang profesional di setiap perahu. Sebelum mulai pengarungan, seorang River Guide akan menjelaskan teknik-teknik dasar yang nantinya akan digunakan selama pengarungan. Jeram-jeram yang menantang dan menyenangkan sudah menanti anda ketika anda memulai pengarungan ini. Setidaknya terdapat lima jeram di sepanjang rute ini, masing-masing memiliki sensasi dan bentuk curam yang berbeda-beda. Antara beberapa Jeram, dipisahkan oleh aliran tenang (flat). Ketika Anda tiba di flat, maka anda bisa bersantai sejenak untuk merilexkan badan dan perasaan sebelum jeram dengan sensasi yang berbeda menyambut anda didepannya. Namun jangan khawatir, bayangan-bayangan menakutkan sebelum pengarungan dimulai akan sirna ketika pengarungan sudah dimulai. Bagaimana tidak, selama pengarungan kita dimanjakan oleh panorama alam yang masih segar dan dinginnya Sungai Elo yang belum banyak tercemar.
Saran saya waktu yang tepat untuk melakukan Rafting adalah di awal atau akhir musim penghujan, karena volume air ungai sudah naik namun belum banjir sehingga jeram-jeram yang sangat menyenangkan dapat menyajikan sensasi yang sangat luar biasa. Selamat mencoba sensasi jeram yang mendebarkan, tetap jaga kelestarian dan keharmonisan alam Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik. 

SAVE OUR EARTH...!!!
GO GREEN...!!!

"Start"

"Berpacu"

"Melaju"

"Jeram Terjal"

"Melawan Jeram"

"Menepi"
Setelah melewati beberapa jeram dan sudah mencapai setengah dari rute perjalanan, kita bisa istirahat sejenak untuk melepas penat dan merelaksasikan sejenak otot dan tenaga setelah darah berdesir cepat sesuai adrenalin yang terpacu selama pengarungan. Ditengah rute ini sudah terdapat POS istirahat yang sudah disajikan oleh para penjual jasa agen adventure ini. Setelah istirahat dirasa cukup kitapun dapat meneruskan kembali perjalanan mengarungi Sungai Elo untuk menuju pemberhentian di hilir sungai tujuan akhir dari rute pengarungan.

"Berkumpul"

"Rehat"

"All Team"
Demikian sekilas ulasan dan liputan dari pengarungan jeram di Sungai Elo, semoga dapat menginspirasi dan memberikan sedikit gambaran bagi rekan-rekan yang hendak mencoba olahraga ini. Bagi yang berjiwa petualang dan bernyali tinggi wajib hukumnya untuk mencoba olahraga extreem yang satu ini. Let's try...

1 komentar: