Rabu, 16 November 2011

"Palm Oil" Pohon Berbuah "Dolar'$"

Welcome to My Garden...!!!
Kembali dengan review oleh-oleh liburan di Desa tempat kelahiran tersayang. Kali ini mencoba mengulas tentang keseharian penduduk dan warga sekitar tempat saya dilahirkan yang mayoritas bekerja sebagai petani perkebunan. Kelapa Sawit merupakan salah satu hasil perkebunan dengan prospek pasar besar dan merupakan komoditi ekspor yang sangat menjanjikan. Bagaimanakah rutinitas dan kegiatan para petani ketika menuai buah kelapa sawit di kebun-kebun mereka? Langsung saja kita simak kegiatan mereka. Enjoy the Show...

"Palm Oil"
Karya kali ini merupakan kelanjutan dari karya sebelumnya dengan mengambil tema akan kebanggaan akan desa tempat saya dilahirkan dan dibesarkan dengan berbagai keunikan dan kekayaan didalamnya, serta keanekaragaman profesi masyarakatnya. Satu lagi hasil alam yang dianugrahkan Sang Khalik kepada Bumi Pertiwi ini yang senantiasa mensejahterakan makhlukNya yang selalu berusaha bekerja keras untuk memuliakan dirinya, keluarganya dan Sang Penciptanya. Hasil alam dari sektor perkebunan yang memiliki harga jual cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hasil alam yang dimaksud adalah Kelapa Sawit. Tumbuhan dengan nama Latin Elaeis ini adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 24 meter, buah sawit mempunyai warna bervariasi dari hitam, ungu, hingga merah tergantung bibit yang digunakan. Buah bergerombol dalam tandan yang muncul dari tiap pelapah. Seperti yang sudah diketahui minyak kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku ataupun bahan pembantu di industri makanan, obat-obatan, kimia dan banyak industri lainnya. Sebuah tanaman dengan nilai ekonomis tinggi yang bisa dikonversi menjadi produk-produk yang bernilai jual tinggi. Di Indonesia sendiri perkebunan kelapa sawit tersebar luas di seuruh wilayah NKRI, seperti di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi. Karya berikut ini ingin menyajikan kesuburan tanaman kelapa sawit didesa saya yaitu di daerah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Menampilkan keseharian pendunduk setempat dalam memanen dan merawat tanaman berbuah dolar ini sebagai mata pencaharian mereka. Bagaimana tidak, seperti yang kita tahu, tanaman kelapa sawit merupakan tanaman komoditi ekspor pemerintah Indonesia yang tentunya dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia.

"M'bronjong"

"Dua Bagian"
Dengan segala upaya dilakukan untuk memperoleh tanaman yang berkuaitas baik yang nantinya akan menghasilkan buah yang baik pula. Mulai dari pemberian pupuk, pembersihan gulma, penebangan pelepah sawit yang sudah tua dan lainnya dilakukan oleh para pemilik dan para pekerja perkebunan kelapa sawit yang notabene milik pribadi ini, bukan milik pemerintah ataupun milik perusahaan swasta, sedangkan pemanenan buah sawitnya sendiri dilakukan 10-14 hari sekali. Setelah pemanenan dilakukan dari pohonnya, buah buah sawit ini nantinya akan diangkut menggunakan truk yang selanjutnya akan dibawa ke pabrik-pabrik pengolahan untuk menjadikanya CPO (Crude Palm Oil). Maka apabila dilihat dari keuntungan tiap kali penen, dapat dikatakan hasil dari perkebunan kelapa sawit ini dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia. Jaga dan Manfaatkan kekayaan alam serta kebaikan alam di Bumi Pertiwi ini.

"Menaruh"

"Berbagi Tugas"

"Neraca"

"Siap diangkut"

"Muat"

"Buah Kelapa Sawit"

"Satu Tandan Buah"

"Setangkai"

"Berdua"

"Dua Biji"

"Leaf"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar