Kamis, 29 Desember 2011

"Full Colour" at Klayar Beach

"Salam Hormat, Selamat menyongsong Tahun Baru 2012 Bagi Rekan-rekan Penikmat & Pecinta Landscape Photography Semuanya"

Sejenak rehat dari rutinitas yang membosankan, dikesempatan penghujung tahun 2011 ini saatnya diisi dengan berlibur dan berpetualang...hehe. Target kami adalah Pantai Klayar di kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai yang terkenal dengan keindahan panoramanya di kawasan pantai selatan Jawa Timur ini. Bagaimana cerita dan ulasan singkat keindahan panoramanya? Langsung saja kita nikmati dan simak bersama. Cekidot... Just Enjoy The show...

"Just Rock"

"Batu Melintang"
Di liburan penghujung tahun kali ini saya bersama teman-teman mengarungi jalanan antar kota antar provinsi alias AKAP menuju Pantai Klayar yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur mengendarai kendaraan bermotor roda dua. Perjalanan dimulai dari Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kemudian ke arah selatan melewati Wonosari, Gunung Kidul lalu bergerak menuju Pracimantoro (Wonogiri) dan sampailah kita di Kabupaten Pacitan lalu ikuti petunjuk jalan menuju Pantai Klayar. Akses Jalan antar kota antar provinsi menuju kabupaten Pacitan sangat baik, selama perjalanan kita akan disuguhkan panorama alam yang begitu indah, jalanan yang naik-turun melewati perbukitan menyajikan sensasi yang begitu dahsyat. Namun setelah tiba di Kabupaten Pacitan Menuju Pantai Klayar, kita akan menjumpai medan yang sangat extreem karena berlumpur dan berlobang-lobang selama kiloan meter jauhnya, bahkan dapat dikatakan menyerupai medan kendaraan offroader. Namun jangan khawatir, perjalanan itu tak sia-sia jika dibandingkan keindahan alam yang memanjakan mata kita saat diperjalanan hingga tiba di pantai kebanggaan masyarakat Pacitan ini. Pantai Klayar yang terletak di Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur merupakan pantai pasir putih yang memiliki keistimewaan diantara celah karang dan deburan ombak yang melambai yang bisa berbunyi menyerupai seruling laut. Memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang menyenangkan untuk dikunjungi dan dinikmati. Disamping itu juga dapat ditemukan air mancur alam. Dikatakan air mancur alam karena air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga. Ketinggian air mancur ini dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang disebut-sebut masyarakat sekitar memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.

"Hening 1"

"Hening 2"
Perjalanan menuju Pantai Klayar dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3jam.  Berangkat dari Yogyakarta pukul 14.00 WIB tiba di Pantai Klayar pukul 17.00 WIB. Dan niat liburan kali ini adalah berburu foto dan berkemah ala para petualang... haha. Dibekali sebuah hotel portable berwarna orange buatan perusahaan peralatan outdoor kenamaan, kami berniat menghabiskan malam dipinggir pantai ditemani nyanyian ombak pantai klayar  dan  terang api unggun hingga fajar menyapa kami. Dan ternyata di pinggir pantai banyak terdapat tenda-tenda milik para wisatawan lain yang sudah berdiri dan bersiap menikmati hempasan angin laut di pantai Klayar malam itu.

"Alone"

"Menyongsong Mentari"
Malampun berganti pagi, perburuan mengabadikan senyuman matahari terbitpun dimulai, karena "KAMI ADALAH PARA PEMBURU SUNRISE". Langit pagi itu masih membiru seperti Jiwa kami yang adalah Jiwa para Pecinta Langit Biru...hehe. Namun saat matahari semakin tinggi, langit diatas pantai Klayar mulai mendung, tapi hal ini tak menghalangi niat kami untuk mengelilingi Pantai Klayar dan berpanjat tebing ria di karang karang pantai Klayar demi berburu foto landscape yang indah. Dan Kesimpulan petualangan kali ini adalah "PANTAI KLAYAR + LANGIT + AWAN + KAMERA + TRIPOT = GREAT LANDSCAPE"

"Berjemur"

"Full Colour"

"Sudut"

"The Rock"

"Diagonal Rock"

"Rock & Cloud"

"Memanjang"

"Pasir, Batu, Awan"

"Rock"

"Diterpa Ombak"
Saatnya kembali bermain "Motion" dan "Splash". Pergerakan ombak yang menyapu bibir pantai akan memberikan dinamika yang indah bila terekam dalam lensa kamera. Mencari spot dan angle yang tepat merupakan cara yang bijak untuk mengabadikan momen dari setiap deburan ombak di pantai. Meski harus main lari-larian karena takut kamera terguyur deburan ombak... Alhasil, sudah cukup memuaskan bagiku meski masih jauh dari kesempurnaan.

"Gelombang"

"Movement"

"Mengalir"

"Splash"

"Motion"
Bergeser sedikit mencari spot yang baru. Deretan batu karang yang tegar nan kokoh tersaji dipelupuk mata. Ini merupakan salah satu iconnya Pantai Klayar, kenapa demikian? Karena dikarang ini terkenal dengan air terjunnya, namun bukan air terjun asli melaikan air terjun yang tercipta kerena hempasan ombak yang terjadi dari laut lepas, air terjun ini hanya terjadi dengan selang waktu tertentu yang cukup lama menurut saya. Walhasil, sayapun gagal mengabadikan moment itu, karena kurangnya kesbaran saya...hehe. 10 menit, 20 menit, 30 menit ditunggu-tunggu namun tak muncul juga air terjun itu, begitu ditinggal noleh sebentar, byuuuurrr...Hwahaha, moment terlewatkan, entah berapa kali hal seperti itu. Akhirnya dalam keputus asaan, cukuplah terobati dengan hanya mengabadikan batu karangnya saja, tanpa air terjunnya. Lain waktu dan kesempatan deh kembali kesini dan saya coba lagi...hehe.

"Abrasi"

"Karang 1"

"Karang 2"
Karena tak dapat moment air terjunnya (lebih tepatnya kerena kurang sabar menunggu), naik keatas karang sajalah. Wow...ternyata amazing juga panorama dari atas sini, dimana disuguhkan batu karang yang menjulang tinggi-tinggi yang sekaligus dibalut birunya langit biru... Love the Blue Sky... Sejenak terbayang panorama dikawasan Yosmite seperti dalam gelerinya "Bruce Percy" (Sang maestro fotografer Landscape favorite saya)...hehe.

"Kokoh Berdiri"

"Menjulang"

"Biru"

"Menara Karang"

"Pencakar Langit"

"Reflection"

"Menyembur"
Setelah menikmati pantai Klayar dan berhasil mengabadikan panorama dan kebaikan alam bumi pertiwi, Misi dan Niat perjalanan liburan ini belum sempurna tanpa adanya sesi pemotretan model, maka sesi pemotretan FOTO MODEL pun dilaksanakan disela-sela istirahat malam dan saat perjalanan menjelajahi setiap bagian Pantai Cantik ini. Bertindak sebagai modelnya yaitu saya sendiri dan dibantu oleh seorang teman yang berhasil mengambil foto narsis saya serta sesekali menggunakan bantuan tripot akhirnya Sesi Pemotretan Foto Model Ala Fotografer Narsis pun berhasil dilaksanakan. Mission Completed...hehe.

"At Night"

"Berkumpul"

"Fajar Menyingsing"

"Menuju"
Sebuah perjalanan yang sangat menyenangkan untuk menikmati karya Sang Pencipta yang teramat Agung dan Cantik di Bumi Ibu Pertiwi... Wisata Indonesia Surga Dunia... Ayo Berwisata di Negri Sendiri...Lain waktu dan kesempatan pasti saya coba lagi maen kesini, rasanya kurang puas hanya sehari-semalam dikawasan ini...hehe.

4 komentar:

  1. What a awesome landscape!
    Kapan ya bisa ke sana?
    Terus berkarya, anak muda.

    BalasHapus
  2. Thanks Nda...
    Matursuwun untuk apresiasinya.
    Mari maen kesini, insya Allah siap menjadi "Tour Guide" kalo hanya berpetualang disekitar Jawa Tengah. Kapan ya saya bisa mengabadikan keindahan panorama di Sumatera? Pulau kelahiran sendiri malah terlupakan...hehe. Kapan waktu kalau ada kesempatan ajak saya berpetualang di Sumatera ya...HAHA. Lanjutkan Nda, untuk menyisir setiap jengkal keindahan Bumi Pertiwi kita...INDONESIA.

    BalasHapus
  3. Sip nda,
    Kalau ada waktu datang aja ke sini, masih banyak warna hijau di bumi Andalas.
    Tukeran link yuk,...

    BalasHapus
  4. subhanalloh....
    indah banget.
    semoga secepatnya bisa kesana
    keren mas foto nya.

    BalasHapus